PENGARUH VARIASI PRODUK DAN PROMOSI PENJUALAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KARTU KREDIT BANK OCBC NISP

Safitri, Safitri and Wiwaha, Arjuna (2018) PENGARUH VARIASI PRODUK DAN PROMOSI PENJUALAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KARTU KREDIT BANK OCBC NISP. -. (Unpublished)

[thumbnail of Artikel SAFITRI.pdf] Text
Artikel SAFITRI.pdf

Download (373kB)

Abstract

Penelitian ini membahas pengaruh variasi produk dan promosi penjualan terhadap keputusan pembelian kartu kredit bank OCBC NISP. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan dan besarnya pengaruh variasi produk dan promosi penjualan
terhadap keputusan pembelian kartu kredit bank OCBC NISP Cabang Gunung Sahari, Jakarta Pusat. yang berlokasi di jalan Gunung Sahari VII No.36 Gunung Sahari Jakarta Pusat DKI Jakarta 10720. Waktu penelitian ini dilaksanakan dari bulan Februari-Juli 2019.Metedo penelitian melaui metode kepustakaan dengan mempelajari bahan-bahan tertulis berupa buku-buku, dokumen, internet, dan jurnal yang digunakan sebagai landasan teori dan metode lapangan yaitu mengumpulkan informasi dan data yang aktual dari objek penelitian melalui observasi atau wawancara serta riset langsung terhadap nasabah dengan menyebar kuesioner kepada nasabah. Setelah data terkumpul , maka dilakukan analisis kuantitatif dengan menggunakan SPSS vesrsi 25 yaitu
persamaan garis regresi : Ϋ = 16,458 + 0,441 X1 +0,409 X2. Hasil koefisien korelasi (r) = 0,482 yang mana artinya terdapat hubungan yang sedang antara variasi produk dan
promosi penjualan terhadap keputusan pembelian, maka dapat dikatakan bahwa variasi produk dan promosi penjualan yang dilakukan pada produk kartu kredit bank OCBC NISP mempunyai pengaruh yang sangat kuat terhadap keputusan pembelian. Hasil koefisien determiasi serta analisis pengaruh variasi produk dan promosi penjualan terhadap keputusan pembelian secara simultan didapat KD = 23,2% yang berarti variasi
produk dan promosi penjualan mempengaruhi keputusan pembelian sebesar 23,2% selebihnya dipengaruhi sebesar 76,8 % diperkirain dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian iniseperti promo, merchand, kualitas produk , brand awerness , kemudahan bertransaksi , keamanan sistem, citra merek dan sebagainya. Dengan menggunakan uji T , maka diperoleh t hitung sebesar 2,121 (X1) dan 3,585 (X2) berdasarkan t tabel
diperoleh 1, 67412, sehingga T hitung lebih besar dari T tabel, maka diartikan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif dan
signifikansi antara variasi produk dan promosi penjualan terhadap keputusan pembelian.
Kata kunci : variasi produk , promosi penjualan , keputusan pembelian dan kartu kredit.

Item Type: Article
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisions: Artikel
Depositing User: System SI IT
Date Deposited: 17 Jan 2023 04:26
Last Modified: 17 Jan 2023 04:36
URI: http://repository.jic.ac.id/id/eprint/291

Actions (login required)

View Item
View Item